Ternyata Kemenhub Siapkan Kapal Baru untuk Layani Pemudik ke Pulau Gili Ketapang

Kementerian Perhubungan menyerahkan Kapal Rede Gandha Nusantara 11 pada PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo. Kapal itu dapat dipakai untuk mengangkat pemudik Lebaran.

Penyerahan kapal angkutan barang serta manusia itu untuk memudahkan penyeberangan antarpulau. Yaitu dari Tanjung Tembaga ke Pulau Gili Ketapang, Sumberasih atau sebaliknya.

Kasubdit Angkatan Laut Kemenhub, Kapten Budi Mantoro menerangkan, kapal itu memiliki seputar 53 penumpanng. Lalu cukup untuk mengangkat 2 mobil ukuran sedang dan beberapa puluh sepeda motor.

Dia mengharap kedatangan kapal itu memberi kenyamanan transportasi buat warga. Khususnya waktu arus Mudik Lebaran.

“Saya berharap, terdapatnya kapal ini betul-betul bermanfaat buat warga. Dimana nyaman dalam perjalanan serta keselamatan. Tentu saja akan memberi dukungan peristiwa Mudik akan datang,” kata Budi, Sabtu (18/5/2019).

Lalu Wakil Bupati Probolinggo Muncul Prihandjoko berterima kasih atas pemberian kapal angkutan penumpang san barang itu. Dengan kapal itu, dia optimistis kenyamanan serta keselamatan warga lebih terjamin.

Menurut dia, kapal itu dapat digunakan untuk mengangkat pelancong. Khususnya buat mereka yang ingin snorkeling ke Pulau Gili Ketapang.

“Terdapatnya kapal ini akan berguna buat warga Gili Ketapang serta bidang pariwisata yang berada di pulau ditempat. Mudah-mudahan Kapal Gandha Nusantara 11 lebih bisa mengangkat roda perekonomian warga Probolinggo, terutamanya masyarakat Gili Ketapang,” katanya.

Seperti info yang dikumpulkan, biaya Kapal Rede kapal pelni Gandha Nusantara 11 seputar Rp 18 ribu per orang untuk sekali perjalanan. Sesaat untuk agenda operasionalnya masih juga dalam proses penetapan.

Kapal Rede Gandha Nusantra 11 mempunyai panjang seputar 24,70 mtr., lebar 6,30 mtr. serta tinggi 2,20 mtr.. Kapal type pelopor produksi tahun 2017 ini mempunyai bobok seputar 92 GT (Gross Tonnage).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *