Nah Memulihkan Kondisi Destinasi Wisata Setelah Bencana

Lima hari sesudah tsunami menerjang pesisir Banten serta Lampung, Kementerian Pariwisata mengawali langkah yang perlu dikerjakan untuk memulihkan keadaan tujuan pariwisata yang terserang efek saat musibah.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, langkah awal ialah pemulihan dari bagian SDM atau kelembagaan, lalu pemulihan tujuan, serta yang paling akhir ialah pemasaran.

“Taktik pemulihan ini dikerjakan waktu waktu responsif darurat saat 14 hari tuntas. Perihal pertama yang pertama kita pulihkan ialah SDM serta kelembagaannya lewat pekerjaan trauma healing,” tutur Arief di Posko Labuan, Pandeglang, Kamis (27/12).

Lalu, Menpar meneruskan, buat industri pariwisata di lokasi terdampak juga bakal alami kesusahan dalam membayar angsuran, atau tagihan listrik serta air.

“Kelak Kemenpar akan minta pada pihak berkaitan, untuk memberikan relaksasi di bagian keuangan, termasuk juga angsuran ke Bank. Itu ikut yang kami kerjakan di Bali serta Lombok waktu lalu,” kata Menpar Arief.

Sedang langkah ke-2 ialah pemulihan pemasaran. Maksudnya ialah menumbuhkan perasaan keyakinan pada penduduk untuk berwisata ke pesisir Selat Sunda, terpenting ke Pandeglang serta Serang.

“Yang pertama kita kerjakan ialah membuat acara pemerintah di sini. Saya menjadi Menteri Pariwisata mengundang semua Kementerian serta Instansi, untuk membuat acara di sini,” tutur Menpar.

Menpar Arief ikut mengharap waktu pemulihan sendiri akan berjalan tiga bulan untuk kembali normal.

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni Bukit Siguntang

Menurut dia jika melewati tiga bulan, aktor industri tidak kuat. Perihal ini ikut yang berlangsung di Bali serta Lombok saat musibah.

“Recovery mesti secepat-cepatnya. Untuk Anyer serta seputar saya perkiraan sebulan telah mulai sembuh. Pemerintah yang perlu mengawali. Sebab jika pemerintah telah masuk, keyakinan penduduk telah pasti turut,” tuturnya.

Arief Menjelaskan perihal yang termudah untuk kembalikan kembali keyakinan wisatawan sampai investor ialah keteladanan dari Pemerintah.

“Hal sama saya kerjakan saat erupsi Gunung Agung di Bali. Saya mengundang pak Presiden Jokowi untuk hadir ke Pantai Kuta. Tak perlu banyak pidato Bali cepat sembuh”, jelas Menpar.

Simaklah: Jadwal Tiket Kapal Pelni Binaiya

“Sekarang ini ada menambahkan Investasi di Mandalika sebesar USD 1 miliar. Pointnya ialah saat pemerintah turun ke lapangan, jadi tak perlu banyak bicara sebab pastinya akan sembuh. Baik dari wisatawan atau investor,” tutur Menpar.

Sesaat langkah ke-3 ialah pemulihan tujuan, menurut Arief pemulihan tujuan memang tidak langsung bisa Kemenpar yang mengatasi. Tapi Kemenpar akan menyurati Kementerian atau Instansi berkaitan untuk melakukan perbaikan tujuan terdampak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *